…ih masa sih… (tips pemakaian minyak esensial part 1)

Ini pertanyaan yang sering aku dengar dan juga menjadi pertanyaanku di awal-awal dikenalkan dengan Young Living. Minyak essensial kan harganya ga murah ya, trus seberapa banyak oil yang dipakai tiap hari? Seberapa sering pakainya? Bagaimana cara mendapatkan manfaatnya secara maksimal tapi juga ga menguras kantong? (hmmm… ini entah karena pikiran emak2 yang maunya ekonomis, atau emang ga bisa lepas dari itung2an ajah…)

Well, sebenarnya, memakai minyak esensial ini cukup dua tetes per orang per pemakaian. Masih ga percaya? Satu tetes untuk dipakai di telapak kaki kanan, satu lagi di telapak kaki kiri. Kalau masih ada sisa yang menempel di tangan, pakai aja di area belakang telinga atau di kening. Alternatifnya, tangkupkan telapak tangan dan bawa kea rah hidung, kemudian hirup nafas dalam-dalam sambil memejamkan mata. Lakukan beberapa kali.

Berapa dong biayanya untuk sekali pakai? Well, range harga young living ini cukup variatif. Ada yang 17.5 SGD per 15 mililiter hingga 298 SGD per 15 mili liter untuk rose essential oil. Ga usah kaget, rose essential oil memang mahal ibu-ibu… sebutannya juga the queen of oil. Kenapa mahal, kana dibahas di postingan-postingan berikutnya.

Asumsikan harga minyak esensial adalah 55 SGD untuk 15ml atau untuk simpelnya 550 ribu rupiah. Masing-masing botol itu bisa berisi 240 tetes (sesungguhnya aku pernah menghitung bisa sampai 300 tetes). Jadi setiap tetesnya adalah Rp2,292 atau Rp4,584 untuk dua tetes. Yess, you read it right, kurang dari 5 ribu rupiah sekali pakai.

(note: 550.000 dibagi 240 = 2,292)

Trus, satu botol 15 ml bisa dipakai berapa lama? Bisa 120 hari atau 4 bulan jika dipakai oleh satu orang dan satu kali pemakaian sehari. Kalau jumlah anggota keluarga banyak dan pakainya lebih sering, pastinya lebih cepat habis yaa… itu hokum alam namanya.

Trus, masih bilang mahal? Donut yang toppingnya menarik yang buibu beli di mall aja harganya lebih dari 5 ribu. Tas branded yang ditenteng-tenteng harganya juga sampai juta-juta an…

 

Note: ada banyak cara mengaplikasikan oil, misalnya dengan diffuse dan juga diminum. ilustrasi diatas dibuat untuk keperluan perhitungan sederhana. Tips pemakaian hemat juga ada di postingan minggu depan ya.

 

Happy oiling  – Embrace your natural way of life

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s